Join The Community

Premium WordPress Themes

Kamis, 22 September 2011

Status Gunung Lewotobi Laki-Laki Naik Jadi Waspada

KUPANG--MICOM: Gunung Lewotobi Laki-Laki di bagian tenggara Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, menunjukkan peningkatan aktivitas sehingga statusnya dinaikkan menjadi Waspada pada 22 September pukul 03.00 WITA.

Bupati Flores Timur, Yoseph Lagadoni Herin yang dikonfirmasi di Kupang, Kamis (22/9) mengakui adanya peningkatan status waspada menyusul adanya peningkatan aktivitas di gunung Lewotobi Laki-laki dalam beberapa hari terakhir ini.

"Saya juga baru menerima pemberitahuan bahwa, pada pukul 04.00 Wita dini hari tadi, ada faximili dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung yang mengatakan ada peningkatan status Lewotobi Laki-laki," katanya.

Dia mengatakan, pemerintah telah mengambil langkah-langkah penanganan di lapangan jika terjadi letusan sejak Gunungapi Lewotobi Perempuan menunjukkan peningkatan aktivitas sehingga statusnya dinaikkan menjadi Waspada pada 31 Agustus 2011 pukul 15.00 WITA.

Aktivitas saat ini terekamnya gempa vulkanik yang biasanya rata-rata lima kali kejadian, meningkat jadi rata-rata 24 kali kejadian gempa vulkanik.

Bupati tidak menjelaskan secara rinci mengenai sejarah Gunung Lewotobi Laki-laki tetapi khusus untuk Lewotobi Perempuan terakhir meletus pada tahun 1935, berupa letusan eksplosif dengan awan panas

0 komentar:

Posting Komentar