Join The Community

Premium WordPress Themes

Senin, 28 Maret 2011

Membuat Text Area

Text Area atau yang biasa digunakan oleh para blogger untuk bertukar link / Link Exchange dan Banner dimana ada sebuah kotak yang didalamnya terdapat tulisan (code). Jadi bisa disimpulkan bahawa Text Area adalah sebuah tempat atau area yang digunakan untuk menyimpan kode atau tulisan didalamnya. Biasanya digunakan untuk menyimpan codeHTML agar bisa dicopy dengan muda oleh para pengunjung blog.

Untuk membuat text area silahkan copy kode dibawah ini :
<p align="center"><textarea name="code" rows="6" cols="20"> Tulis text ataupun kode-kode yang anda inginkan di sini, yang nantinya akan muncul pada kolom text area </textarea></p>

sebagai contoh :





keterangan :
rows ='"6" menunjukan tingginya text area yang akan ditampilkan. Jika kamu menginginkan text area yang lebih tinggi silahkan ganti angka 6 dengan angka yang lebih besar.

cols="20" menunjukan lebarnya text area yang akan ditampilkan. Jika kamu menginginkan text area yang lebih lebar lagi silahkan ganti angka 20 dengan angka yang lebih besar juga.

Text Area dengan menggunakan Highlight

Text area dengan menggunakan tombol highlight sangat memudahkan bagi para pengunjung untuk mencopy text yang terdapat didalamnya. Mereka cukup menekan tombol Highlight maka seluruh isi dari text area akan terblok. Fasilitas ini sangat mendukung karena ketika semua kode atau tulisan dicopy oleh para pengunjung, akan mengurangi resiko kurangnya atau tertinggal bagian kode yang akan dicopy.

Untuk membuat text area silahkan copy kode dibawah ini :
<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All"> </div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 144px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="55">Tulis text ataupun kode-kode yang anda inginkan di sini, yang nantinya akan muncul pada kolom text area</textarea></p></div></form>


Sebagai contoh :

Keterangan :
  • <div align="center"> kode ini menunjukan posisi tombol Highlight All berada diposisi tengah, silahkan kamu ganti dengan posisi yang kamu inginkan misalnya di bagian kiri (left) dan dibagian kanan (right)
  • <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" --> script ini berarti bahwa ketika tombol Highlight All ditekan maka seluruh isi text area akan ditandai (diblok). sebaiknya jangan diganti biarkan seperti itu.
  • value="Highlight All" Highlight All adalah kata yang akan muncul didalam tombol, silahkan kamu ganti dengan kata yang kamu inginkan
  • <div align="center"> kode ini menunjukan isi dari text area berada ditengah
  • style="height: 80px; width: 220px;" kode ini menunjukan tinggi dan lebar text area. height 80px silahkan kamu ganti angka 80px dengan angka yang kamu inginkan. begitu juga denga widht 220px silahkan sesuaikan dengan keinginan kamu.

Text Area yang memakai tombol Highlight bisa digunkan memuat script untuk melindungi fungsi right click dari para pengunjung. Script bisa digunakan apabila kamu ingin melindungi seluruh tulisan yang terdapat di blog anda. untuk penempatan scriptnya diletakan antara kode <HEAD> dan </HEAD>.

Selamat mencoba........



0 komentar:

Posting Komentar