Join The Community

Premium WordPress Themes

Minggu, 20 Maret 2011

Cara Membuat Sitemap Blog

Apa itu Sitemap ?

Sitemap adalah peta sebuah situs atau blog yang berisi informasi mengenai url-url yang ada di situs atau blog tersebut. Sitemap ini selain berisi url-url juga berisi metadata, metadata disini berupa informasi mengenai kapan terakhir kali situs atau blog tersebut di update, seberapa sering update dilakukan, kapan waktu situs atau blog tersebut di update.


Fungsi Sitemap

Fungsi sitemap ini untuk menginformasikan url-url sebuah situs yang bisa di crawl (jelajahi) oleh robot-robot search engine. Karena di dalam sitemap hanya terdiri dari url-url saja, robot-robot search engine pun akan mudah mengindex seluruh url-url(artikel, kategori, arsip, dll) yang ada di situs atau blog anda. Namun apabila anda tidak menggunakan sitemap, maka robot-robot search engine akan menjelajahi situs atau blog anda per halaman, bisa anda bayangkan bila anda sudah mempunya berpuluh-puluh artikel bahkan ratusan artikel, situs atau blog anda akan sangat sulit di jelajahi dan sulit untuk terindex.

 Bagaimana cara membuat Sitemap?


Dari sekian banyak artikel yang membahas tentang cara membuat sitemap di blog, saya berpikir bahwa script inilah yang lebih muda untuk digunakan dan sangat simple (menurut saya). Script ini saya dapatkan dari Neon In Blog. Saya seringkali mencoba untuk menerapkan script-script yang ditampilkan oleh berbagai artikel, namun selama itu pula saya selalu gagal. saya tidak mengatakan kalau script dari berbagai artikel itu "salah",karna itu semua kembali kepada kita yang mendesignnya. Mungkin sayalah yang selalu salah menempatkan script-script tersebut.

Ok, langsung saja. untuk membuat Sitemap diblog anda, anda hanya cukup meng-copy paste script dibawah ini :

 <script style="text/javascript" src="http://www.abu-farhan.com/script/daftarisiblogger/blogtoc-min.js"></script>
<script src="http://chumhienk-mhienk.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Kemudian buat post atau entir baru dalam mode HTML (sebaiknya di buat dalam bentuk halaman)

Namakan Post itu dengan Sitemap, Daftar Isi, Peta Halaman atau apa saja yang sesuai dengan keinginan anda

Ganti huruf yang berwarna biru denga alamat URL blog anda, klik previw/pratinjau (bila anda ingin memastikan), lalu terbitkan entri... semoga tidak ada masalah yang terjadi.!


 Selamat Mencoba...!!

0 komentar:

Posting Komentar