Join The Community

Premium WordPress Themes

Senin, 10 Januari 2011

Taksonomi Bloom

Benjamin Bloom penggolongan / taksonomi ini dibuat untuk mengkategorikan tingkat abstraksi pertanyaan yang sering terjadi di lingkungan pendidikan. taksonomi menyediakan struktur yang berguna di mana untuk mengkategorikan pertanyaan menguji, karena profesor khas akan mengajukan pertanyaan dalam tingkat tertentu, dan jika Anda dapat menentukan tingkat pertanyaan yang akan muncul di ujian Anda, Anda akan dapat belajar dengan menggunakan strategi yang sesuai.

Pengetahuan
Menunjukkan Keterampilan
* Observasi dan mengingat informasi
* Pengetahuan tentang tanggal, peristiwa, tempat
* Pengetahuan tentang ide-ide besar
* Penguasaan materi pelajaran
* Pertanyaan Cues:
daftar, mendefinisikan, mengatakan, mendeskripsikan, mengidentifikasi, menunjukkan, label, mengumpulkan, memeriksa, tabulasi, kutipan, nama, siapa, kapan, di mana, dll



Pemahaman
Menunjukkan Keterampilan
* Pemahaman informasi
* Menangkap makna
* Menerjemahkan pengetahuan ke dalam konteks baru
* Menafsirkan fakta, membandingkan, kontras
* Pesanan, kelompok, menyebabkan menyimpulkan
* Memprediksi konsekuensi
* Pertanyaan Cues:
meringkas, menjelaskan, menafsirkan, kontras, memprediksi, asosiasi, membedakan, memperkirakan, membedakan, mendiskusikan, memperpanjang



Aplikasi
Menunjukkan Keterampilan
* Menggunakan informasi
* Menggunakan metode, konsep, teori-teori dalam situasi baru
* Memecahkan masalah dengan menggunakan keterampilan yang diperlukan atau pengetahuan
* Pertanyaan Cues:
berlaku, menunjukkan, menghitung, lengkap, ilustrasi, menunjukkan, memecahkan, memeriksa, memodifikasi, berkaitan, mengubah, mengklasifikasikan, eksperimen, menemukan

Analisa
Menunjukkan Keterampilan
* Melihat pola
* Organisasi bagian
* Pengakuan makna tersembunyi
* Identifikasi komponen
* Pertanyaan Cues:
menganalisis, terpisah, urutan, menjelaskan, menghubungkan, mengelompokkan, mengatur, membagi, membandingkan, pilih, menjelaskan, mengambil kesimpulan

Sintesis
Menunjukkan Keterampilan
* Menggunakan ide-ide lama untuk membuat yang baru
* Generalisasi dari fakta-fakta yang diberikan
* Berhubungan pengetahuan dari beberapa daerah
* Memprediksi, menarik kesimpulan
* Pertanyaan Cues:
mengkombinasikan, mengintegrasikan, memodifikasi, menyusun kembali, pengganti, rencana, membuat, desain, menemukan, bagaimana jika?, menulis, merumuskan, menyiapkan, generalisasi, menulis ulang

Evaluasi
Menunjukkan Keterampilan
* Membandingkan dan membedakan antara ide-ide
* Menilai nilai teori, presentasi
* Membuat pilihan berdasarkan argumen yang beralasan
* Memverifikasi nilai bukti
* Mengakui subjektivitas
* Pertanyaan Cues
menilai, memutuskan, peringkat, kelas, tes, mengukur, merekomendasikan, meyakinkan, pilih, hakim, menjelaskan, membedakan, dukungan, menyimpulkan, membandingkan, meringkas.

0 komentar:

Posting Komentar